Webmail  |   Lokasi Kampus  

SECTOR Sukses Melaksanakan Workshop Memanah

 Admin      Berita      26 Maret 2018

 

Tiga Mahasiswa Semester 6 Prodi D3 Adm Bisnis Fahmi Suhaeri, Mismawati dan Mira Maysara yang tergabung dalam SECTOR Event Organiser, sukses melaksanakan Workshop Memanah. Fahmi mengatakan Acara Workshop Memanah Tingkat Mahasiswa dan Pelajar SlTA Se Kec. Bengkalis dan Bantan ini merupakan event Tugas Akhir (TA) sebagai salah satu syarat menyelesaikan Program Studi D3 Administrasi Bisnis di bidang MICE (Meeting, Incentive, Conference & Exhibition).


Kegiatan Ini terlaksana berkat kerjasama yang baik antara panitia dengan para sponsor. Tema yang kami Ambil yaitu Archery For Harmony, maksud dari tema  tersebut adalah event memanah ini sebagai salah satu wadah pengenalan akan memanah dan Menjalin Silaturahmi.

Kegiatan ini mengundang Narasumber Ust. Sufianto dan 6 Trainer lainnya. Antusias mahasiswa dan Pelajar di Kec. Bengkalis dan Bantan Sangat Besar, Hal terbukti dari banyaknya pendaftar diluar perkiraan.

Team SECTOR (Sunnah Event Creator) sebagai Event Organizer Tugas Akhir ini mendapatkan Peserta 70 Peserta hanya dalam 1 minggu, hal ini diluar kuota peserta hanya untuk 60 orang padahal uang pendaftaran lumayan besar Rp 20.000/Peserta.

 

'Memanah ternyata mengasyikkan', itulah sebagian ungkapan dari para peserta workshop memanah yang bertemakan Archery for Harmony. Tidak mengherankan, kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Bengkalis mampu menarik perhatian sekitar 70 peserta.           

Pantauan di lapangan, para peserta tidak hanya didominasi oleh kaum pria melainkan juga wanita, baik berstatus pelajar maupun mahasiswa di sekitar Kota Bengkalis dan Bantan. Walau olah raga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW belum populer seperti olah raga lainnya, namun para peserta tampak penuh percaya diri dan tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan busur dan anak panah.
 
Seperti pengakuan salah seorang peserta, Tiara Nova, mengaku sangat senang bisa mempelajari olahraga memanah ini. “Dengan adanya workshop memanah ini kami diajarkan bagaimana cara memanah yang baik dan benar agar tepat sasaran. Selain itu dengan kegiatan ini dapat mempererat ukhuwah islamiyah,” ujarnya disela-sela kegiatan memanah, bertempat di Kantor Camat Bengkalis, Minggu (25/3/2018).
            
Untuk kegiatan workshop ini, panitia penyelenggara mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Bengkalis, yang tergabung dalam SECTOR (Sunnah Event Creator) bekerja sama dengan trainer dari Alfagen Archery Club Bengkalis. Salah seorang trainer, Sufianto mengatakan, memanah merupakan senjata perang zaman dahulu.
 
Seiring berjalannya waktu, ada trend olah raga memanah mulai naik kembali dan ini dirintis oleh komunitas-komunitas muslim yang berkeinginan untuk reviving archery atau menghidupkan kembali olah raga memanah.  Salah satunya kegiatan workshop memanah yang dilakukan di Bengkalis ini.
 

Sementara itu, wakil direktur III Politeknik Negeri Bengkalis, Teguh Widodo S.Sos M.SM M.Rech menyambut positif kegiatan yang diselenggarakan oleh SECTOR mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Bengkalis. Dirinya berharap agar kegiatan ini bisa ditindaklanjuti dengan event-event perlombaan agar bisa menghasilkan prestasi yang lebih tinggi lagi.

 
“Awalnya dari melakukan training ini kemudian kita coba untuk berlatih dan ternyata kita menyukai olahraga memanah ini, dan kita masuk kedalam asosiasi memanah dan menjadi atlet memanah. Diharapkan acara ini dapat bermanfaat dan meluas di seluruh Indonesia terutama di kota Bengkalis,” ujar Teguh seraya menambahkan kalau dalam latihan memanah membutuhkan ketenangan, kefokusan dan juga keberanian.
 
“Disamping itu, olahraga memanah ini bukan sekedar olahraga tetapi ada unsur sunnahnya dan unsur pahalanya jika kita lakukan,” ujarnya lagi.