Webmail  |   Lokasi Kampus  

Sejarah

 Admin      Konten      18 Maret 2017

 

Politeknik Bengkalis secara resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan nama Politeknik Negeri Bengkalis melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 28 tahun 2011 tentang Pendirian, Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Bengkalis (OTK Polbeng), yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 26 Desember 2011.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 28 Tahun 2011 tentang pendirian OTK Polbeng tersebut pada Bagian ketiga menyebutkan tentang Jurusan. Pada Pasal 22 menyebutkan bahwa Jurusan terdiri dari Jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Administrasi Niaga dan Teknik Informatika.

Dalam perkembangan hingga tahun 2017, Jurusan Administrasi Niaga telah memiliki empat Program Studi (Prodi), yaitu Prodi DIII Administrasi Bisnis, DIII Bahasa Inggris, DIV Administrasi Bisnis Internasional, dan DIV Akuntansi Keuangan Publik. Setiap Prodi memiliki karakteristik serta keunggulan yang berbeda dalam memenuhi kompetensi mahasiswa. Polbeng menekankan pada pendidikan vokasional yang menitikberatkan pada proses pendidikan yang lebih banyak pada praktek lapangan dibandingkan dengan teori.

Jurusan Administrasi Niaga dipimpin oleh Ketua Jurusan dibantu oleh Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, Dosen, Kepala Laboratorium, Tenaga Laboran (PLP) dan Staf Administrasi. Jurusan Administrasi Niaga memiliki dosen tetap sejumlah 30 orang, yang memiliki pendidikan Magister (S-2) dalam dan luar negeri. Bidang keahlian Dosen dibidang administrasi, ekonom dan bisnis sangat mendukung proses pembelajaran berdasarkan kurikulum yang ada di Jurusan Administrasi Niaga. Untuk mendukung kompetensi dosen intitusi telah mengikutsertakan 16 orang dosen untuk menjadi tenaga asesor uji kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Uji kompetensi yang dapat dilakukan sebagai Asesor terdiri dari bidang Administrasi Perkantoran (sebanyak 10 dosen) dan Akuntansi (sebanyak 6 dosen). Sementara tenaga kependidikan Jurusan Administrasi Niaga sejumlah 10 orang, yang terdiri dari 8 (delapan) Tenaga Laboran/PLP dan 2 (dua) Staf Administrasi Jurusan.